5 Books That You Should Read





Bismillah


Blog challenge hari ke sepuluh bertema tentang 5 rekomendasi buku/ film/ musik. Lalu kenapa saya memilih buku? Ada satu kutipan bagus mengenai hal ini, Tell me what you read and I'll tell you who you are. Buku bacaan yang menghiasi rak kita dapat menjelaskan kepada khalayak tentang kepribadian dan cara berpikir kita.


Lagipula, saya tidak terlalu up-to-date masalah film dan musik. Kalau nonton film berdua sama suami sih masih, tapi tidak untuk musik.




Kebiasaan membaca buku bagi saya, mengalami perubahan drastis semenjak saya memutuskan untuk hijrah memperbaiki diri. Kalau dulu saya suka mengoleksi buku-buku milik Kahlil Gibran, maka ketika ingin menjadi lebih baik, saya ganti buku bacaan saya. Pilihan saya pun jatuh pada buku-buku agama yang mampu menguatkan diri dan menambah ilmu saya.


Berikut ini 5 buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca.


#1 Agar Anakmu Shalat Selalu oleh Hana binti Abdul Aziz ash-Shani




Buku ini adalah buku yang kali pertama saya baca ketika memutuskan memperbaiki diri. Dibeli sekitar tahun 2010-an (kalau gak salah) selepas mengikuti kajian Ahad pagi yang rutin diagendakan oleh instansi saya bekerja. FYI, dulu saya mengajar bahasa Inggris di salah satu Perguruan Muhammadiyah di kota Cepu.
Meski saya waktu itu belum menikah, entah kenapa tertarik membeli buku ini. Sederhana saja, saya ingin anak saya kelak menjadi generasi yang taat pada Rabb-nya.


Agar Anakmu Shalat Selalu merupakan kumpulan pengalaman para orang tua dalam mendidik anak agar senantiasa menegakkan shalat. Sebagaimana kita tahu bahwa shalat adalah tiang agama dan tantangan bagi para orang tua zaman sekarang adalah bagaimana membuat anak mau menegakkan shalat tanpa ada adu argumentasi. Berbagai permasalahan dan solusi, tersaji dalam buku ini.


#2 Mencetak Generasi Rabbani oleh Ummu Ihsan Choiriyah dan Abu Ihsan Al-Atsary



Siapa sih yang tidak menginginkan memiliki anak-anak yang shalih dan shalihah? Mereka adalah aset dan investasi akhirat yang sangat berharga. Namun, tidak mudah mendidik anak agar menjadi generasi Rabbani, dibutuhkan seorang pendidik sukses untuk hal itu.


Buku ini menuntun setiap orang tua agar dapat mendidik anak dengan benar sesuai petunjuk Allah dan Rasul-nya, menjadikan anak yang bukan hanya pintar dan berhasil dalam hal duniawi tapi juga anak yang shalih dan shalihah, yang dapat menjadi generasi Rabbani, generasi yang unggul keilmuan dan ketaqwaannya kepada Allah Ta'ala.


#3 Hanya Untukmu Anakku oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah



Mendidik anak itu diperlukan ilmu yang benar agar tidak salah arah. Ibnu Qayyim,  memberikan tuntunan secara detail bagi para orang tua maupun calon orang tua melalui salah satu buku terbaiknya.


Segala sesuatu yang berkaitan dengan kelahiran seorang anak hingga ia menetap di alam akhirat, dikupas tuntas di sini. Dalil-dalilnya pun berasal dari Qur'an dan Sunnah serta atsar salafush shalih.


Jika masih merasa kebingungan tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan anak sejak dalam kandungan hingga dewasa, seperti masalah seputar aqiqah, tahnik, dan khitan maka bacalah buku ini. Insya Allah kita akan mendapat pemahaman yang lebih baik.


#4 Manajemen Qalbu oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah



Mungkin ada yang bertanya, kok kebanyakan buku-buku yang saya baca merupakan karangan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah. Sebenarnya, saya sangat menyukai buku-buku motivasi penggugah jiwa dan saya menemukannya di dalam buku-buku beliau rahimahullah.


Penampakan buku


Manajemen Qalbu membahas tentang berbagai permasalahan hati dan obatnya serta berbagai bisikan syaithan yang menjadi musuh manusia. Bisikan-bisikan syaithan tersebut bukan tanpa akibat, hati menjadi buruk sehingga menimbulkan perbuatan yang buruk pula. Lama kelamaan hati menjadi keras hingga seseorang meninggal.


Seorang spesialis penyakit hati, Ibnu Qayyim, mengajak pembacanya melumpuhkan senjata syaithan lewat buku ini.


#5 Panduan Lengkap Menuntut Ilmu oleh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin



Menuntut ilmu agama merupakan keharusan bagi setiap Muslim. Karena rasanya mustahil ia bisa melaksanakan kewajiban agamanya jika ia tak memiliki pengetahuan tentangnya.


Mempelajari ilmu agama memiliki keutamaan yang sangat istimewa di sisi Allah Ta'ala. Orang yang menyibukkan diri dengan menuntut ilmu agama laksana pelita yang terang di tengah gelap gulita dan oase di padang tandus. Para penuntut ilmu disebut sebagai pewaris para Nabi.


Namun, menuntut ilmu agama tidak boleh sembarangan. Seseorang harus mengikuti petunjuk dan bimbingan yang diajarkan para ulama. Buku ini memberi panduan tentang adab yang harus dimiliki dalam mempelajari ilmu agama karena tak jarang sebagian penuntut ilmu zaman now melupakan adab-adab dalam majlis ilmu.


Bahasanya ringan dan mudah dipahami, Insya Allah.



Itu dia lima buku yang saya rekomendasikan untuk dipelajari. Nggak rugi kok membacanya. Kalau kamu, buku apa yang kamu suka?


Semoga bermanfaat ya.



Barakallahu fiik



Photo credit:

i.pinimg.com

5 Books That You Should Read 5 Books That You Should Read Reviewed by Renita Oktavia on Desember 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.